Happy Valentine

Diberdayakan oleh Blogger.

dufo

The colored widget.
RSS

cara membuat makanan ringan


Cara Membuat Makanan Ringan yang Mudah

Pasti yang namanya makanan ringan selalu menjadi teman baik untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari, mulai dari nonton film sampai disela-sela waktu kerja yang padat. Makanan yang dianggap makanan ringan adalah sesuatu yang dimaksudkan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.
Nah kali ini saya akan berbagi tips cara membuat makanan ringan yang mudah dan yang pastinya murah meriah . Kita akan membuat makanan ringan dari pisang yang sering kali jadi kudapan yang digoreng, tapi kali ini kita tidak akan membahas pisang yang digoreng. Kita akan membahas tentang tips cara membuat makanan ringan yang mudah berupa keripik pisang.
Kalau bicara masalah pisang jadi ingat waktu liburan ke Lampung kemarin. Disana banyak sekali jualan jajanan keripik pisang. Ada bermacam-macam rasa keripik pisang yang mereka tawarkan. Saya pun mencicipinya satu persatu, mulai dari keripik pisang balado sampai keripik pisang coklat. Karena saya penggila coklat jadi yang paling berkesan itu ya waktu mengigit kres-kresnya keripik pisang coklat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Keripik Piscok.
Berikut ini akan dijelaskan cara membuat Keripik Piscok dan beberapa tipsnya :
Bahan Membuat Keripik Piscok:
1 kg buah pisang mengkal
30 gram tepung maizena, disangrai
30 gram cokelat bubuk
50 gram gula halus
Kapur sirih secukupnya
Garam dapur secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Piscok:
-          Pertama-tama, kupas pisang lalu rendam selama lebih kurang 1 jam di dalam larutan air yang dicampur garam. Angkat.
-          Iris tipis pisang kemudian rendam kembali ke dalam larutan air garam sesaat. Angkat.
-          Rendam irisan pisang lebih kurang selama 30 menit ke dalam larutan air yang telah dicampur dengan kapur sirih.
-          Panaskan minyak. Pindahkan irisan pisang tadi ke dalam larutan air garam. Diamkan sembari menunggu minyak mendidih.
-          Goreng irisan pisang dengan menggunakan api sedang hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
-          Angkat, kemudian tiriskan. Diamkan hingga dingin.

Cara Membuat Taburan Cokelat:
-          Pertama-tama, campur cokelat bubuk, gula halus, dan tepung maizena menjadi satu. Aduk hingga rata.
-          Masukkan campuran taburan/lapisan cokelat tadi dan keripik pisang ke dalam wadah tertutup.
-          Kocok-kocok wadah tersebut hingga cokelat menempel dan menutupi seluruh permukaan Keripik Pisang secara merata.
Tips :
  1. Anda bisa mengiris pisang dengan membentuk bulatan atau memanjang. Tergantung selera Anda.
  2. Agar lebih mudah, iris buah pisang dengan alat pengiris khusus.
  3. Simpanlah Keripik Pisang di dalam wadah atau toples yang tertutup rapat agar Keripik Pisang tidak melempem atau mengembang.

Mudahkan cara mebuatnya. Tidak ada salahnya jika anda mencoba tips cara membuat makanan ringan yang mudah berupa keripik pisang ini. Pasti tuh maknyus dan lebih terjamin karena diolah dan dibuat oleh tangan kita sendiri. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

iya sama sama

Posting Komentar