Happy Valentine

Diberdayakan oleh Blogger.

dufo

The colored widget.
RSS

khasiat brokoli

Benarkah brokoli bisa menjadi salah satu penangkal penyakit diabetes? Apa saja khasiat brokoli bagi penderita diabetes itu? Banyak ahli yang mengklaim secara keilmuan bahwa brokoli dan jenis sayuran lain bisa menurunkan resiko berbagai bentuk penyakit seperti tumor di perut, paru-paru, tenggorokan, endometrum dan pankreas.
Brokoli mengandung vitamin C, asam folat, kalsium dan serat. Kalsium diperlukan oleh tulang dan laktosa yang ada didalam sayuran ini bisa menjadi pengganti kalsium yang baik. Vitamin C dan beta karoten di dalam tubuh bisa menyingkirkan bakteri H. Pylori. Bakteri ini bertanggung jawab menimbulkan gangguan pencernaan, esofagitis atau inflamasi pada bagian esofagus, gastritis atau inflamasi pada perut dan meningkatkan resiko orang terkena kanker gastric.
Sayuran sangat membantu melindungi kerusakan pada retina. Orang yang mengidap diabetes 4 sampai 5 kali lebih rapuh terhadap penyakit jantung. Hal ini dikarenakan diabetes merusak pembuluh darah di jantung. Kerusakan pada pembuluh darah jantung bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Jadi, khasiat brokoli bagi penderita diabetes itu penting diketahui untuk mengurangi komplikasi yang mungkin timbul akibat diabetes dengan penyakit lainnya.
Brokoli tidak menyembuhkan diabetes tetapi dapat mengendalikan kerusakan akibat penyakit ini terhadap pembuluh darah jantung. Hal ini terjadi karena sulforafan yang ditemukan didalam brokoli memproduksi enzim yang bisa melindungi pembuluh darah dan menurunkan kerusakan sel sampai 70 persen.
Brokoli juga membantu liver membuang racun lebih cepat dan membantu menghilangkan radikal bebas dan menambah ketahanan sistem kekebalan tubuh seiring dengan pertambahan usia Anda. Memakan brokoli dan sayuran lain seperti kembang kol, kubis atau lobak juga berkhasiat bagi penderita diabetes karena mengandung sulforafan.
Khasiat brokoli bagi penderita diabetes adalah membantu mengontrol penyakit diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan jantung, tetapi Anda harus memasukkan aktifitas pencegahan lain seperti olahraga, diet sehat dan pengendalian stress diantara hal-hal yang bisa membuat jantung sehat sambil mengendalikan kondisi diabetes Anda. Jika ingin memiliki tubuh sehat tentu semua hal di atas bisa dilakukan oleh Anda. Semangat sehat selalu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar