Happy Valentine

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

dufo

The colored widget.
RSS

cinta

pertama, eros. kata ini berasal dari dewa mitologi yunani, bernama Eros, nama dewa cinta.Cinta eros adalah cinta manusia semata, yang diinspirasi oleh sesuatu yang menarik dalam objeknya. Eros merupakan cinta yang tumbuh dari seseorang kepada yang lain. Misalkan, si A suka sama si B, karena si B cantik. Faktor yang berperan dalam cinta ini lebih disebabkan sesuatu yang berhubungan dengan fisik, sebagaimana dalam bahasa inggrisnya, erotic.
Kedua philia, setingkat lebih tinggi dari eros, berhubungan dengan jiwa ketimbang fisik. Misalnya cinta antar sahabat. Cinta ini juga menyentuh kepribadian manusia-intelektual, emosi, dan kehendak, melibatkan saling berbagi. Philia ini adalah cinta yang tumbuh dari perhatian dan kebersamaan. Ada sedikit unsur eros dalam philia. Kita memilih teman karena kesenangan yang bisa kita dapatkan dari mereka. Ada kualitas pribadi dalam mereka yang kita hargai,kepintaran dan ketarikan budaya, dan eksprsei diri yang saling memuaskan.
Ketiga, agape. Inilah cinta sejati, cinta yang tidak mencari kesenangan sendiri, tapi senang memberi tanpa menurut balas. Misalnya, cinta seorang ibu terhadap anaknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar